DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias rupa yang diproduksi memakaikan tata cara die-casting, yg berarti lewat operasi pelelehan metal atau metal bagi sesudahnya dituang & dicetak pantas dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang
Bahan
Logam yang digunakan biasanya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakekan cara die casting lazimnya ialah mainan tipe dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu diurus dengan petunjuk ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yg amat bagus jika kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima tambahan honor dari menekuni pencaharian modeling ini. Terlebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat & melakukan jual-beli, aliran uang di profesi mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual belanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang
Harga
Price juga sangat berupa-rupa beserta miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Namun utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur mampu menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

DIECAST MINIATUR MOBIL Semarang

LihatTutupKomentar