DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakekan teknik die-casting, yg berarti menggunakan cara pelelehan metal atau logam bagi kemudian dituang serta dicetak sinkron dengan model yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Bahan
Metal yang dipegunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg jamak menggunakan cara die casting umumnya ialah mainan model dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun sanggup diurus dgn manual ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima tambahan nafkah dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan mengerjakan jual-beli, aliran uang di usaha mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa beserta condong menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo tipe versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast sanggup berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuma gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan strategi apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

LihatTutupKomentar