
DIECAST MOBIL 1/12
Mobil sudah menjadi area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat sangat menyokong mobilitas manusia masa memperbuat kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, desain dengan tipe kendaraan roda empat udah sangat beragam. Mulai dari family wagon alias saat ini ekstra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak bakal membahas macam mobil yang ada waktu ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana prosedur beserta perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL 1/12
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang bisa membawa mereka ke tempat lain dgn ekstra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan konsep “mobil” pd 1478. Konsep ini belom menerapkan mesin dengan masih bercorak sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Memakekan mesin uap ini dipakai utk mengakomodasi pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL 1/12
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak bermakna dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan bersama setelah itu banyak dipegunakan masyakarat.
Waktu nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karena mampu membuat mesin yang ekstra efisien dalam penerapan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih tetep dipegunakan bagaikan salah 1 mesin mobil.
DIECAST MOBIL 1/12
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menerapkan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh kompeten mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Nggak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
DIECAST MOBIL 1/12
Periode 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg memakaikan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan serta kenyataannya lebih memudahkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL 1/12
Kendaraan Roda Empat pertama Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai meningkat tinggi. Dapat mencapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri wilayah Alabama, Amerika Serikat, membelenggu kecepatan pol kendaraan roda empat wkt itu hyn 12 km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Model T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL 1/12
Dekade 1920
Di dekade ini, kendaraan roda 4 udah mulai menjadi wilayah dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjelma industri yang terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yg terkait mobil.
DIECAST MOBIL 1/12

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat bahkan byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai size kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal gede saja yg sanggup bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.
Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik mobil nggak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL 1/12
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi sumber bagi menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL 1/12
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg cuman tinggi meski mesti menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL 1/12
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dpt mengembangkan modern yang mereka peroleh waktu itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda 4 nomor satu yang menggunakan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda empat ini resmi dipasarkan ke masyarakat dengan mendapat sambutan sekadar positif.
DIECAST MOBIL 1/12
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat bertepatan pertumbuhan besaran kendaraan yg semakin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas uji coba & diterapkan utk mesin materi bakar bensin. Tapi, inspirasi ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang wkt itu.
DIECAST MOBIL 1/12
Era 1960
Sejarah mobil memasuki era yg lebih maju. Kendaraan Roda 4 udah lama kelamaan memasyarakat dengan reka bentuk yg ekstra compact dengan fungsional.
DIECAST MOBIL 1/12
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg memiliki konstruksi enggak umum dan ditahbiskan selaku kendaraan rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dgn skema ekstra simpel bersama tidak besar.
Sejak saat itu, pabrik kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.
DIECAST MOBIL 1/12
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang mampu mengakomodasi penumpang luput dari luka parah masa menemukan kecelakaan.
