
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Kendaraan sudah menjelma lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menolong mobilitas manusia wkt mengerjakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, design serta jenis kendaraan roda empat sudah amat beragam. Mulai dari family wagon atau saat ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc bagi mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak mau membahas ragam kendaraan yang ada saat ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana proses dengan perkembangan mobil dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dapat membawa mereka ke wadah lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci sudah membuat konsepsi “mobil” pd 1478. Tema ini belom menerapkan mesin dan masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan buat menolong pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak primer dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, kala sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan dengan selanjutnya banyak dipake masyakarat.
Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak sebab mampu menghasilkan mesin yang lbh efisien dlm penerapan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih konstan dipakai sebagai salah 1 mesin mobil.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakekan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh berpengalaman mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Tidak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mengembangkan mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Zaman 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Bahkan ada yang memakekan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan serta sebenarnya ekstra menggampangkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai makin tinggi. Mampu sampai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, menyekat kecepatan maksimum kendaraan wkt itu cukup 12 km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu menemukan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Era 1920
Di dekade ini, kendaraan roda empat sudah mulai menjelma area dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjelma industri yang terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yg tergantung mobil.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai size kecil sampai size besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal gede saja yang bisa bertahan.
Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma cukup tinggal 44 saja pd 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.
Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan tidak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi fokus bakal menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg sekadar tinggi meski perlu menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dapat mengembangkan digital yang mereka dapatkan waktu itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan kesatu yg memakekan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini legal dipasarkan ke masyarakat bersama mendapat sambutan cuman positif.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan rakyat wkt itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan yg semakin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas percobaan coba dengan diterapkan utk mesin material bakar bensin. Tapi, gagasan ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang wkt itu.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Era 1960
Historis kendaraan roda 4 memasuki zaman yang ekstra maju. Kendaraan sudah semakin memasyarakat dengan tipe yg lebih compact & fungsional.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai tipe tidak jamak serta ditahbiskan sbg kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg yakni mobil-mobil pionir dgn skema ekstra simpel dengan nggak besar.
Sejak waktu itu, produsen kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.
DIECAST MOBIL AMERICAN MUSCLE
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg dapat menopang penumpang selamat dari cidera parah wkt mendapatkan kecelakaan.
