
DIECAST MOBIL ANTIK
Kendaraan Roda 4 udah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat membantu mobilitas manusia wkt menjalankan kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, jenis & tipe mobil sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon atau saat ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bagi mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tak akan membahas variasi mobil yg ada masa ini. Kali kita mau menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana sistem dan perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL ANTIK
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke ruang lain dengan lbh muda, Leonardo da Vinci sudah membuat tema “mobil” pada 1478. Sketsa ini belom memakaikan mesin bersama masih bercorak sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Menerapkan mesin uap ini dipakai utk menyokong pergerakan keinginan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL ANTIK
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak substansial dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, tatkala sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan dengan selanjutnya byk diperlukan masyakarat.
Saat nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karena sanggup membuat mesin yang extra efisien dalam pendayagunaan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih tetap diperlukan bagaikan salah 1 mesin mobil.
DIECAST MOBIL ANTIK
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Menggunakan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh mahir mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Tak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
DIECAST MOBIL ANTIK
Zaman 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk 1/2 lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg menggunakan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dengan benar-benar lebih memudahkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL ANTIK
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai makin tinggi. Sanggup menggapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yang berkisar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negeri wilayah Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan mentok kendaraan wkt itu semata-mata 12 km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Model T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL ANTIK
Dekade 1920
Di zaman ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjelma lokasi dari kehidupan manusia. Bahkan sudah menjelma industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.
DIECAST MOBIL ANTIK
Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai size kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya cuman mereka yg bermodal besar saja yang bisa bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cukup tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.
Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan tak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL ANTIK
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi fokus buat menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL ANTIK
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini punya kecepatan yang hanya tinggi meski perlu menjelajahi area berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL ANTIK
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan teknologi yg mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda Empat pertama yg menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda 4 ini sah dipasarkan ke publik beserta mendapat sambutan cukup positif.
DIECAST MOBIL ANTIK
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan massa masa itu terhadap nominal karbondioksida yg terus meningkat seiring perkembangan besaran kendaraan yg makin meningkat.
Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas uji coba beserta diterapkan bakal mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, gagasan ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang wkt itu.
DIECAST MOBIL ANTIK
Zaman 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yg lbh maju. Kendaraan Roda Empat udah lama kelamaan memasyarakat dgn tipe yang lbh compact dan fungsional.
DIECAST MOBIL ANTIK
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai rancang tak umum & ditahbiskan sebagai kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yg merupakan mobil-mobil pionir dgn rancang lebih simpel beserta tidak besar.
Sejak masa itu, penghasil kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.
DIECAST MOBIL ANTIK
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang dapat menopang penumpang luput dari cedera parah wkt memperoleh kecelakaan.
