DIECAST MOBIL AUTOART

 DIECAST MOBIL AUTOART

DIECAST MOBIL AUTOART
Mobil sudah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat menolong mobilitas manusia wkt menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa serta tipe kendaraan roda empat sudah amat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain saat ini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.500 cc bagi mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg byk diperlukan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak bakal membahas macam kendaraan roda 4 yang ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana metode & perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL AUTOART
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dpt membawa mereka ke wadah lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan ide “mobil” pd 1478. Ide ini belom menerapkan mesin dengan masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Menggunakan mesin uap ini dipakai untuk menolong pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.

DIECAST MOBIL AUTOART
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak bermakna dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, momen sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan bersama lalu banyak dipegunakan masyakarat.

Masa nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak krn mampu membuat mesin yang extra efisien dlm pemakaian berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih tetap digunakan sebagai salah 1 mesin mobil.

DIECAST MOBIL AUTOART
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakekan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini dirancang oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tidak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas kendaraan pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL AUTOART
Era 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil praktis yang udah diproduksi mulai memperoleh evolusi. Masa kesatu diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu blm memakekan stir bulat serupa yg kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yang memakekan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake bersama sebenarnya extra menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL AUTOART
Kendaraan Roda 4 nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai makin tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang kira-kira 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara wilayah Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan maksimum mobil waktu itu hanya dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL AUTOART
Zaman 1920
Di zaman ini, kendaraan roda empat udah mulai berubah lokasi dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjadi industri yg terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.

DIECAST MOBIL AUTOART

 DIECAST MOBIL AUTOART

Kendaraan Roda Empat Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai skala kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cuma mereka yg bermodal besar saja yg dapat bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah cuma tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 tidak lagi merasa kesepian kala berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL AUTOART
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi sumber bakal menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL AUTOART
Jeep militer tahun 1940-an
Salah satu penemuan terpenting di dekade ini yakni kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas dipake bakal medan perang yang punya status lahan nggak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg cukup tinggi meski butuh menjelajahi area berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL AUTOART
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi sanggup mengembangkan teknologi yg mereka punyai wkt itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 pertama yang menerapkan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda 4 ini sah dipasarkan ke masyarakat dengan mendapat sambutan cukup positif.

DIECAST MOBIL AUTOART
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan pertumbuhan total kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tsb waktu itu masih sebatas test coba dan diterapkan utk mesin materi bakar bensin. Tapi, ide ini mampu dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yg berkembang wkt itu.

DIECAST MOBIL AUTOART
Zaman 1960
Historis mobil memasuki era yang lebih maju. Kendaraan Roda Empat sudah lama kelamaan memasyarakat dengan rancang yang ekstra compact dengan fungsional.

DIECAST MOBIL AUTOART
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg punya sketsa nggak regular bersama ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg yakni mobil-mobil pionir dengan skema lbh simpel dan tidak besar.

Sejak saat itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang extra simpel.

DIECAST MOBIL AUTOART
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg bisa menolong penumpang terhindar dari cedra parah waktu menjumpai kecelakaan.

 DIECAST MOBIL AUTOART

DIECAST MOBIL AUTOART

DIECAST MOBIL AUTOART

LihatTutupKomentar