
DIECAST MOBIL KATANA
Kendaraan Roda Empat sudah menjadi daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil amat mengakomodasi mobilitas manusia waktu melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, tipe dan tipe mobil udah sangat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain masa ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tidak bakal membahas rupa kendaraan yg ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana operasi dengan perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL KATANA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke wadah lain dgn ekstra muda, Leonardo da Vinci udah membuat tema “mobil” pada 1478. Konsep ini belum memakaikan mesin & masih bercorak sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakaikan mesin uap ini dipegunakan untuk menopang pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dgn kecepatan manusia saat berjalan.
DIECAST MOBIL KATANA
Dekade 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak bermanfaat dlm historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, selagi sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan & kemudian byk digunakan masyakarat.
Waktu pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karena bisa membuat mesin yg ekstra efisien dlm pemakaian bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih senantiasa dipakai sbg salah satu mesin mobil.
DIECAST MOBIL KATANA
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menerapkan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh ahli mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Enggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah memperluas kendaraan pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
DIECAST MOBIL KATANA
Era 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg menerapkan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan dan memang extra menggampangkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL KATANA
Mobil kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai makin tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Udah ekstra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg berkisar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan pol kendaraan roda 4 wkt itu hyn dua belas km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL KATANA
Dekade 1920
Di era ini, kendaraan sudah mulai menjadi daerah dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjelma industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.
DIECAST MOBIL KATANA

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai skala kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya hyn mereka yg bermodal gede saja yang sanggup bertahan.
Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.
Pada era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL KATANA
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi sumber utk menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL KATANA
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang sekadar tinggi meski wajib menjelajahi bagian berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL KATANA
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan globalisasi yg mereka punyai masa itu. Muncul mesin dengan digital injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan kesatu yg menerapkan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda 4 ini legal dipasarkan ke masyarakat beserta mendapat sambutan cuman positif.
DIECAST MOBIL KATANA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan publik waktu itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat bertepatan pertumbuhan besaran kendaraan yang makin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas test coba dengan diterapkan buat mesin materi bakar bensin. Tapi, inspirasi ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yg berkembang waktu itu.
DIECAST MOBIL KATANA
Periode 1960
Sejarah mobil memasuki jaman yg lebih maju. Kendaraan Roda Empat udah makin lama memasyarakat dengan skema yg ekstra compact dengan fungsional.
DIECAST MOBIL KATANA
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai patron enggak lumrah serta ditahbiskan selaku kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg ialah mobil-mobil pionir dgn reka bentuk extra simpel dan tak besar.
Sejak wkt itu, pembuat kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang extra simpel.
DIECAST MOBIL KATANA
Era 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dpt menolong penumpang bebas dari cedra parah waktu menemukan kecelakaan.
