DIECAST MOBIL LANGKA

 DIECAST MOBIL LANGKA

DIECAST MOBIL LANGKA
Kendaraan sudah berubah bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat menunjang mobilitas manusia masa menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, model dengan tipe mobil sudah amat beragam. Mulai dari family wagon alias waktu ini ekstra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun udah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.Lima Ratus cc utk mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yg banyak diperlukan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak hendak membahas variasi mobil yang ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana teknik & perkembangan kendaraan dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL LANGKA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke tempat lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci udah membuat sketsa “mobil” pd 1478. Tema ini belum memakaikan mesin serta masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan bagi menyokong pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dgn kecepatan manusia waktu berjalan.

DIECAST MOBIL LANGKA
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak bermanfaat dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, kala sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan serta lantas banyak dipake masyakarat.

Waktu nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karna mampu membuat mesin yang ekstra efisien dalam pendayagunaan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih teguh dipake bagaikan salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL LANGKA
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Memakaikan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini dirancang oleh expert mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

DIECAST MOBIL LANGKA
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tdk ribet yang sudah diciptakan mulai menjumpai evolusi. Saat nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda 4 waktu itu belom memakaikan stir bulat seperti yg kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yg memakekan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai serta kenyataannya lbh memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL LANGKA
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai bertambah tinggi. Mampu sampai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri lokasi Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan tertinggi kendaraan roda 4 wkt itu sekadar 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Design T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menemukan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL LANGKA
Periode 1920
Di dekade ini, mobil udah mulai menjelma lokasi dari kehidupan manusia. Terlebih udah berubah industri yg terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yg tergantung mobil.

DIECAST MOBIL LANGKA

 DIECAST MOBIL LANGKA

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat bahkan banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai ukuran kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya cukup mereka yang bermodal besar saja yang mampu bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 enggak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL LANGKA
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi sumber buat menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL LANGKA
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 inovasi terpenting di dekade ini adalah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipake untuk medan perang yang mempunyai status lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang cuman tinggi meski kudu menjelajahi daerah berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL LANGKA
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi mampu mengembangkan teknologi yg mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dgn tekno injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yang menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda empat ini formal dipasarkan ke masyarakat beserta mendapat sambutan cukup positif.

DIECAST MOBIL LANGKA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan publik wkt itu terhadap total karbondioksida yg terus meningkat bertepatan perkembangan total kendaraan yg makin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas uji coba coba serta diterapkan buat mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, ide ini dpt dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yg berkembang saat itu.

DIECAST MOBIL LANGKA
Dekade 1960
Historis kendaraan roda 4 memasuki jaman yg lbh maju. Kendaraan Roda Empat udah lama kelamaan memasyarakat dengan reka bentuk yg extra compact dan fungsional.

DIECAST MOBIL LANGKA
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg punya tipe tak lazim serta ditahbiskan selaku kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yg ialah mobil-mobil pionir dgn design ekstra simpel beserta tak besar.

Sejak saat itu, produsen kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.

DIECAST MOBIL LANGKA
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang bisa membantu penumpang lolos dari cedera parah waktu mendapatkan kecelakaan.

 DIECAST MOBIL LANGKA

DIECAST MOBIL LANGKA

DIECAST MOBIL LANGKA

LihatTutupKomentar