DIECAST MOBIL LOKAL

 DIECAST MOBIL LOKAL

DIECAST MOBIL LOKAL
Kendaraan Roda Empat sudah menjelma daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat mendukung mobilitas manusia saat melakukan kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis dan jenis kendaraan udah amat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain waktu ini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc bakal mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak mau membahas rupa kendaraan yang ada wkt ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana metode & perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL LOKAL
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke ruang lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci udah membuat rencana “mobil” pada 1478. Draf ini blm menggunakan mesin dan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Menggunakan mesin uap ini diperlukan untuk mengakomodasi pergerakan keinginan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dgn kecepatan manusia waktu berjalan.

DIECAST MOBIL LOKAL
Era 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjelma babak penting dalam historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, saat sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan bersama lantas byk dipakai masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karena bisa membuat mesin yg extra efisien dlm penggunaan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih senantiasa diperlukan sbg salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL LOKAL
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Menggunakan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh kompeten mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Enggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL LOKAL
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil mudah yang udah dirancang mulai menjumpai evolusi. Waktu kesatu diperkenalkan, kendaraan roda empat saat itu belom memakekan stir bulat seperti yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Bahkan ada yg memakaikan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake beserta emang extra memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL LOKAL
Kendaraan Roda Empat kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai meningkat tinggi. Dpt sampai 15-20 km/jam. Udah ekstra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang sekitar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda empat waktu itu cuman 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche masa mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL LOKAL
Era 1920
Di periode ini, kendaraan sudah mulai berubah area dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjadi industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.

DIECAST MOBIL LOKAL

 DIECAST MOBIL LOKAL

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai size kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya sekadar mereka yang bermodal gede saja yang dapat bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma sekadar tinggal 44 saja pd 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL LOKAL
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi fokus buat menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL LOKAL
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di periode ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipakai untuk medan perang yang mempunyai keadaan tanah enggak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yang cuman tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL LOKAL
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan digital yang mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dengan globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Mobil kesatu yg menggunakan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini legal dipasarkan ke masyarakat beserta mendapat sambutan cuman positif.

DIECAST MOBIL LOKAL
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan rakyat wkt itu terhadap total karbondioksida yg terus meningkat bersamaan perkembangan total kendaraan yang makin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tersebut masa itu masih sebatas uji coba coba beserta diterapkan utk mesin material bakar bensin. Tapi, gagasan ini dpt dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang waktu itu.

DIECAST MOBIL LOKAL
Dekade 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki zaman yg lbh maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dengan rancang yg lbh compact serta fungsional.

DIECAST MOBIL LOKAL
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai jenis tidak standar dan ditahbiskan sbg kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yang yakni mobil-mobil pionir dengan konstruksi lebih simpel & tidak besar.

Sejak saat itu, penghasil kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.

DIECAST MOBIL LOKAL
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dpt mengakomodasi penumpang bebas dari cedera parah wkt menjumpai kecelakaan.

 DIECAST MOBIL LOKAL

DIECAST MOBIL LOKAL

DIECAST MOBIL LOKAL

LihatTutupKomentar