
DIECAST MOBIL NISSAN Yalimo
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yaitu penemuan digital terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda empat listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan listrik nomor satu yg dikerjakan pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan tetapi pd saat itu kendaraan roda 4 listrik ini sekadar dilengkapi dengan batere yg nggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yg sanggup diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dlm perkembangan modern kendaraan listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yg dilengkapi dgn batere yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu selesai itu barulah pd bln November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL NISSAN Yalimo
Nggak Semua bln berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry mengintroduksi kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan dengan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua inovasi substansial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sesungguhnya merupakan insinyur yg bekerja pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mempromosikan kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.
DIECAST MOBIL NISSAN Yalimo

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tsb memiliki kecakapan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang berarti ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan merupakan seberat 750kg.
Sehabis menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL NISSAN Yalimo
Masa Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini dengan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya value berbahan bakar serta biaya produksi kendaraan roda empat berbahan bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik lama kelamaan tak populer.
