
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Kendaraan sudah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat menolong mobilitas manusia waktu mengerjakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, design beserta tipe kendaraan sudah amat beragam. Mulai dari family wagon alias sekarang ekstra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc bagi mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yg banyak digunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak mau membahas ragam kendaraan roda empat yg ada saat ini. Kali kita mau menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses & perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dapat membawa mereka ke tempat lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci udah membuat ide “mobil” pada 1478. Draf ini belum memakekan mesin bersama masih berwujud sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Memakekan mesin uap ini dipakai bakal menunjang pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjadi babak bermanfaat dalam historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, ketika sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan & setelah itu byk dipake masyakarat.
Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak sebab mampu membuat mesin yg ekstra efisien dlm pemakaian berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih senantiasa dipake sbg salah 1 mesin mobil.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Menggunakan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Zaman 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake bersama benar-benar lebih memudahkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai meningkat tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara wilayah Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan maksimum kendaraan waktu itu sekadar 12 km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Zaman 1920
Di periode ini, kendaraan sudah mulai menjelma bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah menjadi industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai ukuran kecil sampai size besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yang bermodal gede saja yang dapat bertahan.
Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian saat berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi sumber utk menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg sekadar tinggi meski usah menjelajahi daerah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dapat mengembangkan digital yg mereka punyai masa itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda Empat nomor satu yang memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua mobil ini sah dipasarkan ke publik beserta mendapat sambutan cuman positif.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan masyarakat wkt itu terhadap total karbondioksida yg terus meningkat seperjalanan perkembangan total kendaraan yg semakin meningkat.
Namun, tekno karya Eugene Houdry tersebut masa itu masih sebatas uji coba coba serta diterapkan untuk mesin material bakar bensin. Tapi, ilham ini bisa dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang masa itu.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Zaman 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki era yg lebih maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dengan rancang yg lebih compact & fungsional.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg memiliki jenis enggak standar bersama ditahbiskan sebagai kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dengan tipe extra simpel beserta nggak besar.
Sejak wkt itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg extra simpel.
DIECAST MOBIL SUZUKI CARRY
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg dapat mengakomodasi penumpang selamat dari terluka parah waktu mendapatkan kecelakaan.
