
DIECAST MOBIL TOYOTA Melawi
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik merupakan penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan tekno mobil listrik sesungguhnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik kesatu yg diurus pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tapi pd waktu itu kendaraan roda 4 listrik ini sekadar dilengkapi dgn baterai yang tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang dapat diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berguna dalam perkembangan tekno kendaraan listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yang dilengkapi dengan batree yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengiklankan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu sehabis itu barulah pada 30 hari November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave mengintroduksi mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL TOYOTA Melawi
Tdk Semua 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry menghadirkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua inovasi utama itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sesungguhnya adalah penemu yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dgn cara sah dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku kendaraan roda empat listrik tercepat masa itu.
DIECAST MOBIL TOYOTA Melawi

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan mobil tersebut mendapatkan kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batere yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri adalah seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karna dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL TOYOTA Melawi
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai material bakar beserta anggaran produksi kendaraan material bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama tidak populer.
