
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Kendaraan Roda 4 sudah menjadi lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menolong mobilitas manusia waktu melakukan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, model bersama tipe kendaraan roda empat sudah amat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain masa ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.Lima Ratus cc utk mobil-mobil perkotaan. Alias mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak mau membahas ragam kendaraan roda empat yang ada saat ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana cara dan perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg bisa membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan rancangan “mobil” pd 1478. Ide ini belom memakaikan mesin dan masih berwujud sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Menggunakan mesin uap ini dipegunakan utk mendukung pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dengan kecepatan manusia saat berjalan.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak substansial dlm historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, selagi sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan beserta kemudian banyak dipegunakan masyakarat.
Masa pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak sebab sanggup menciptakan mesin yang extra efisien dlm penerapan berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih senantiasa dipegunakan selaku salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Menerapkan tiga roda selaku penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh expert mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Nggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Dekade 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Bahkan ada yang menggunakan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan bersama benar-benar lebih menggampangkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Kendaraan Roda Empat kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai bertambah tinggi. Sanggup mencapai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan tertinggi kendaraan masa itu sekadar 12 km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche waktu menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan roda 4 udah mulai berubah wilayah dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih sudah menjadi industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yg terkait mobil.
MINIATUR MOBIL ANGKOT

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai ukuran kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya cukup mereka yg bermodal besar saja yg sanggup bertahan.
Dari berkisar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.
Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 enggak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok untuk menciptakan kendaraan yang mampu bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini punya kecepatan yg cuma tinggi meski butuh menjelajahi daerah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan digital yang mereka miliki waktu itu. Muncul mesin dengan modern injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda Empat pertama yg memakaikan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior serta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini legal dipasarkan ke masyarakat & mendapat sambutan hanya positif.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan rakyat masa itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat berbarengan pertumbuhan nominal kendaraan yg makin meningkat.
Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb waktu itu masih sebatas uji coba & diterapkan bakal mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, ilham ini dpt dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang saat itu.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Periode 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki era yang lebih maju. Kendaraan Roda Empat sudah makin lama memasyarakat dgn model yg lebih compact & fungsional.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai reka bentuk enggak lumrah bersama ditahbiskan sbg kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg ialah mobil-mobil pionir dgn model ekstra simpel serta tidak besar.
Sejak saat itu, pabrik kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg extra simpel.
MINIATUR MOBIL ANGKOT
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dpt menolong penumpang terhindar dari terluka parah wkt menemukan kecelakaan.
