
MINIATUR MOBIL AVANZA Tapanuli Selatan
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yaitu inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sedianya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik kesatu yg diproduksi pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tetapi pd masa itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yg tidak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dgn baterai yang dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu sesudah itu barulah pada bulan November 1818 pada perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL AVANZA Tapanuli Selatan
Tidak Semua 30 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang area kanan & dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat tidak semua penemuan utama itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai menjadi area dari kesibukan ekonomi masa itu. Pd thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda empat listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sedianya yaitu insinyur yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif serta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memublikasikan kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL AVANZA Tapanuli Selatan

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan mobil listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda empat tsb memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batree yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sendiri ialah seberat 750kg.
Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL AVANZA Tapanuli Selatan
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan modern masa ini dengan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya harga materi bakar beserta budget produksi mobil berbahan bakar sampai 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik lama kelamaan enggak populer.
