
MINIATUR MOBIL ETIOS VALCO Siwalan Kerto
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yakni penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi mobil listrik sebenarnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik kesatu yg diurus pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tapi pd waktu itu kendaraan listrik ini cukup dilengkapi dengan baterai yg tidak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang dpt diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan penting dalam perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengiklankan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu setelah itu barulah pada bulanan November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL ETIOS VALCO Siwalan Kerto
Sebagian bulan berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dengan John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang daerah kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat nggak semua penemuan krusial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma wilayah dari kesibukan ekonomi masa itu. Pd thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sesungguhnya yaitu penemu yg berkarya pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menghasilkan lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dgn cara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memberitahukan mobil ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana sanggup melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL ETIOS VALCO Siwalan Kerto

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan kendaraan tersebut memperoleh kapasitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta baterai yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya seorang diri ialah seberat 750kg.
Sehabis memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL ETIOS VALCO Siwalan Kerto
Masa Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini dengan sekalian mempengaruhi industri mobil pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya harga material bakar & bujet produksi kendaraan roda empat materi bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tak populer.
