
MINIATUR MOBIL FERRARI
Kendaraan udah menjadi wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat mengakomodasi mobilitas manusia wkt menjalankan kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, tipe bersama tipe kendaraan udah sangat beragam. Start dari family wagon dgn kata lain saat ini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc utk mobil-mobil perkotaan. Dengan Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipake oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak akan membahas macam mobil yg ada waktu ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana cara serta perkembangan mobil dari abad 19 hingga memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke wadah lain dgn ekstra muda, Leonardo da Vinci sudah membuat konsep “mobil” pada 1478. Ide ini belom menerapkan mesin & masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diciptakan manusia. Memakekan mesin uap ini diperlukan buat menunjang pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia saat berjalan.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Era 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjelma babak primer dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, saat sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dan kemudian byk dipake masyakarat.
Waktu kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak karna bisa menciptakan mesin yang lebih efisien dlm pemanfaatan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih tetap dipegunakan sbg salah satu mesin mobil.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan bakar bensin. Memakaikan tiga roda sbg penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh berpengalaman mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Tak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Periode 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk 1/2 lingaran saja. Sampai-Sampai ada yang menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake serta memang lbh memudahkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Kendaraan Roda Empat nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai makin tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan mentok mobil waktu itu cuma dua belas km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, sistem pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Era 1920
Di dekade ini, mobil udah mulai menjelma bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah menjelma industri yg terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.
MINIATUR MOBIL FERRARI

Kendaraan Roda 4 Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil sampai size besar. Namun, tampaknya cuman mereka yg bermodal besar saja yg mampu bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah semata-mata tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.
Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner mobil tidak lagi merasa kesepian kala berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pangkal bagi menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg hanya tinggi meski usah menjelajahi bagian berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan digital yg mereka punyai waktu itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan nomor satu yang memakekan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini resmi dipasarkan ke rakyat serta mendapat sambutan cuman positif.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan rakyat saat itu terhadap nominal karbondioksida yg terus meningkat bertepatan pertumbuhan jumlah kendaraan yang makin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas uji coba & diterapkan bakal mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, gagasan ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yang berkembang saat itu.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Zaman 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki zaman yang ekstra maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dgn reka bentuk yg ekstra compact beserta fungsional.
MINIATUR MOBIL FERRARI
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki desain tak lumrah serta ditahbiskan bagaikan kendaraan rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg ialah mobil-mobil pionir dgn reka bentuk lbh simpel serta tak besar.
Sejak waktu itu, produsen kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.
MINIATUR MOBIL FERRARI
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang bisa mengakomodasi penumpang bebas dari cidera parah saat memperoleh kecelakaan.
