
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Mobil udah berubah lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat mengakomodasi mobilitas manusia saat menjalani aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, rupa serta jenis mobil sudah amat beragam. Start dari family wagon alias saat ini extra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipegunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak bakal membahas macam kendaraan yang ada wkt ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana teknik beserta perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan konsepsi “mobil” pada 1478. Rencana ini belom memakekan mesin beserta masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Memakekan mesin uap ini dipegunakan bagi membantu pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dengan kecepatan manusia waktu berjalan.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak utama dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, pada waktu sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan dan lalu byk dipake masyakarat.
Waktu nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak sebab mampu membuat mesin yang lbh efisien dalam penerapan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih tetep diperlukan sebagai salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin materi bakar bensin. Memakaikan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh ulung mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah ekspansi mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Periode 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Malahan ada yg menggunakan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai & emang lebih memudahkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Kendaraan Roda Empat pertama Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai makin tinggi. Mampu sampai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan setinggi-tingginya mobil masa itu cukup 12 km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Desain T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Era 1920
Di zaman ini, kendaraan sudah mulai berubah bagian dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjadi industri yang terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat malahan byk bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai skala kecil sampai size besar. Namun, tampaknya cuma mereka yg bermodal gede saja yang sanggup bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan tidak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pusat untuk menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang cuma tinggi meski wajib menjelajahi daerah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan modern yg mereka peroleh wkt itu. Muncul mesin dgn teknologi injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda Empat pertama yang memakekan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda 4 ini resmi dipasarkan ke massa bersama mendapat sambutan sekadar positif.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini ialah imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat seiring perkembangan besaran kendaraan yg makin meningkat.
Namun, tekno karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas uji coba coba beserta diterapkan untuk mesin materi bakar bensin. Tapi, gagasan ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang wkt itu.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Dekade 1960
Sejarah mobil memasuki era yg ekstra maju. Kendaraan Roda 4 sudah semakin memasyarakat dengan model yg ekstra compact beserta fungsional.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai reka bentuk tidak lazim & ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, beserta Focus yang ialah mobil-mobil pionir dgn patron lebih simpel dan tidak besar.
Sejak masa itu, pembuat kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.
MINIATUR MOBIL FORD EVEREST
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg mampu menopang penumpang terlepas dari cidera parah masa menemukan kecelakaan.
