
MINIATUR MOBIL GOLF Kedungcowek
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik adalah penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sesungguhnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik nomor satu yg diproses pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan namun pada masa itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dengan baterai yg enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yg bisa diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dalam perkembangan tekno kendaraan listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dengan batree yg dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu selepas itu barulah pada bulan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL GOLF Kedungcowek
Nggak Semua Tiga Puluh hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry memberitahukan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang area kanan dengan dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua inovasi bermakna itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjadi bagian dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sesungguhnya yakni insinyur yg bertugas pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menciptakan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memublikasikan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL GOLF Kedungcowek

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan roda 4 tsb memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg berarti ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan adalah seberat 750kg.
Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menjumpai kemunduran sebab dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL GOLF Kedungcowek
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda empat modern wkt ini bersama sekaligus mempengaruhi industri mobil pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai material bakar dan anggaran produksi kendaraan roda 4 berbahan dasar bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan mobil listrik makin lama nggak populer.
