
MINIATUR MOBIL HONDA ESTILO Gianyar
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yg diproduksi pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak namun pada saat itu kendaraan roda empat listrik ini cuma dilengkapi dengan batree yg tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan penting dalam perkembangan digital mobil listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu sesudah itu barulah pd 30 hari November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL HONDA ESTILO Gianyar
Tdk Semua 31 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry mengiklankan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang daerah kanan beserta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat tidak semua inovasi signifikan itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi saat itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sedianya adalah insinyur yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menghasilkan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dgn cara sah dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mempromosikan kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL HONDA ESTILO Gianyar

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 penggunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret serta kendaraan roda 4 tsb memiliki kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! malahan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sorangan merupakan seberat 750kg.
Setelah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL HONDA ESTILO Gianyar
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda empat modern wkt ini dengan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya value bahan bakar serta dana produksi kendaraan berbahan dasar bakar sampai 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama tak populer.
