
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Mobil udah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat membantu mobilitas manusia waktu melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, model serta tipe kendaraan roda 4 sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon alias masa ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak mau membahas rupa kendaraan yg ada masa ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana prosedur beserta perkembangan mobil dari abad 19 hingga memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke tempat lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan sketsa “mobil” pada 1478. Konsep ini belum menerapkan mesin dan masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Memakaikan mesin uap ini dipegunakan untuk menunjang pergerakan keinginan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia waktu berjalan.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Era 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 berubah babak berarti dalam historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, tatkala sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan dan lalu banyak diperlukan masyakarat.
Wkt nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak krn dapat menghasilkan mesin yg lbh efisien dalam pendayagunaan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih teguh diperlukan selaku salah satu mesin mobil.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Menggunakan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh handal mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Tidak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Zaman 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Bahkan ada yang menggunakan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake beserta memang lbh menggampangkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Kendaraan Roda Empat pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai bertambah tinggi. Dapat sampai 15-20 km/jam. Sudah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang kira-kira 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan mentok kendaraan roda empat saat itu semata-mata dua belas km/jam.
Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Design T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Periode 1920
Di dekade ini, kendaraan roda empat sudah mulai berubah lokasi dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai udah menjelma industri yang terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yg terikat mobil.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat malahan banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai size kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal besar saja yg sanggup bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma hyn tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 tak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi sumber bagi menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang cuma tinggi meski mesti menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dapat mengembangkan teknologi yg mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pd Januari 1951.
Kendaraan Roda Empat nomor satu yang menerapkan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua mobil ini formal dipasarkan ke masyarakat dan mendapat sambutan hanya positif.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan massa saat itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat seperjalanan perkembangan nominal kendaraan yang semakin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas test coba dengan diterapkan bakal mesin berbahan bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang waktu itu.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Zaman 1960
Sejarah mobil memasuki jaman yang ekstra maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dgn reka bentuk yang lebih compact bersama fungsional.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki skema tidak biasa dan ditahbiskan sebagai kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dengan reka bentuk ekstra simpel bersama tak besar.
Sejak wkt itu, penghasil kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.
MINIATUR MOBIL JEEP RUBICON
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang mampu menopang penumpang bebas dari terluka parah saat menemukan kecelakaan.
