
MINIATUR MOBIL KIJANG Krembangan Selatan
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sebetulnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik nomor satu yang diproduksi pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan namun pada waktu itu kendaraan roda 4 listrik ini hyn dilengkapi dgn batree yg enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang mampu diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dalam perkembangan globalisasi mobil listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dengan batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu sesudah itu barulah pada bulanan November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL KIJANG Krembangan Selatan
Tidak Semua bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry mengintroduksi kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang area kanan beserta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat tidak semua inovasi bermakna itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sebenarnya adalah penemu yang beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memperkenalkan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL KIJANG Krembangan Selatan

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 penerapan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda empat tersebut memperoleh kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! malahan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sorangan ialah seberat 750kg.
Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL KIJANG Krembangan Selatan
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern waktu ini beserta sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd masa itu. Ditambah dengan masih murahnya value bahan bakar beserta budget produksi kendaraan bahan bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tidak populer.
