
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Kendaraan sudah menjelma lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat menyokong mobilitas manusia wkt melakukan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, rupa & jenis kendaraan udah sangat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain kini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun sudah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc bakal mobil-mobil perkotaan. Atau mobil bermesin di atas 2.000 cc yg byk digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak mau membahas macam kendaraan roda empat yang ada wkt ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana cara dan perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dapat membawa mereka ke ruang lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci sudah menghasilkan tema “mobil” pd 1478. Rencana ini belum memakaikan mesin dan masih bercorak sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menggunakan mesin uap ini digunakan utk menopang pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dgn kecepatan manusia wkt berjalan.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Dekade 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, saat sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan beserta lalu banyak diperlukan masyakarat.
Masa nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak sebab dapat membuat mesin yang ekstra efisien dalam penggunaan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih teguh diperlukan selaku salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan bakar bensin. Memakaikan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh ahli mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Zaman 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Bahkan ada yang menerapkan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan bersama kenyataannya lbh menggampangkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Kendaraan Roda Empat pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai meningkat tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan pol kendaraan roda 4 masa itu semata-mata 12 km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Design T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche wkt menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Era 1920
Di periode ini, kendaraan roda empat udah mulai menjadi area dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih udah menjadi industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg terkait mobil.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT

Kendaraan Roda Empat Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai ukuran kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya cukup mereka yang bermodal gede saja yg dapat bertahan.
Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah semata-mata tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tak lagi merasa kesepian momen berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pangkal utk menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini punya kecepatan yang cukup tinggi meski harus menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan modern yang mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dengan digital injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan Roda 4 nomor satu yg menerapkan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda 4 ini formal dipasarkan ke publik bersama mendapat sambutan cukup positif.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat bertepatan pertumbuhan nominal kendaraan yang semakin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tsb waktu itu masih sebatas test coba bersama diterapkan untuk mesin materi bakar bensin. Tapi, gagasan ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding digital yg berkembang waktu itu.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Era 1960
Historis kendaraan memasuki era yg lebih maju. Kendaraan udah makin lama memasyarakat dengan design yang lbh compact serta fungsional.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai rancang enggak normal serta ditahbiskan bagaikan kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yang yaitu mobil-mobil pionir dengan rupa ekstra simpel serta enggak besar.
Sejak saat itu, produsen kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.
MINIATUR MOBIL OUTLANDER SPORT
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dapat mengakomodasi penumpang terhindar dari cedera parah wkt menemukan kecelakaan.
