
MINIATUR MOBIL RAKITAN Suwawa
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik adalah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sesungguhnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yang dirancang pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Bakal tetapi pd saat itu mobil listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yang nggak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan tekno kendaraan listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dgn batree yang dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengiklankan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu setelah itu barulah pd 31 hari November 1818 pada perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL RAKITAN Suwawa
Beberapa 31 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton & John Perry menghadirkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua inovasi penting itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sebetulnya yakni insinyur yg berkarya pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif serta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara legal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan mobil ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL RAKITAN Suwawa

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama kendaraan tsb memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batree yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya mandiri yaitu seberat 750kg.
Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL RAKITAN Suwawa
Waktu Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern masa ini bersama sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai material bakar serta bujet produksi kendaraan berbahan bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tak populer.
