
MINIATUR MOBIL RALLY
Kendaraan Roda 4 sudah berubah wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 amat membantu mobilitas manusia wkt mengerjakan kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, jenis beserta tipe kendaraan roda 4 udah amat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain masa ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipake oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak mau membahas variasi kendaraan roda empat yg ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana prosedur dan perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL RALLY
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang bisa membawa mereka ke ruang lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan draf “mobil” pd 1478. Ide ini belum menerapkan mesin bersama masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menerapkan mesin uap ini dipegunakan buat membantu pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia waktu berjalan.
MINIATUR MOBIL RALLY
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjelma babak berpengaruh dlm historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, pada waktu sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dan sesudahnya byk dipegunakan masyakarat.
Masa kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak krn dapat membuat mesin yg extra efisien dlm pendayagunaan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih tetap dipake selaku salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL RALLY
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakaikan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dibuat oleh expert mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Tak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mengembangkan kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
MINIATUR MOBIL RALLY
Dekade 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dengan kenyataannya extra memudahkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL RALLY
Kendaraan kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai bertambah tinggi. Dpt menggapai 15-20 km/jam. Udah lbh cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang sekitar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara wilayah Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan setinggi-tingginya kendaraan masa itu cuma dua belas km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL RALLY
Zaman 1920
Di dekade ini, kendaraan udah mulai berubah bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah berubah industri yang terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.
MINIATUR MOBIL RALLY

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai size kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya hyn mereka yg bermodal besar saja yg sanggup bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma sekadar tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.
Pd zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 nggak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL RALLY
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pangkal buat menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL RALLY
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang cuman tinggi meski usah menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL RALLY
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dapat mengembangkan modern yang mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dengan modern injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan Roda 4 kesatu yg menggunakan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini formal dipasarkan ke publik serta mendapat sambutan cuman positif.
MINIATUR MOBIL RALLY
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan publik saat itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat seiring perkembangan besaran kendaraan yg makin meningkat.
Namun, modern karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas percobaan coba & diterapkan bagi mesin materi bakar bensin. Tapi, ide ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang masa itu.
MINIATUR MOBIL RALLY
Dekade 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki era yang extra maju. Mobil udah makin lama memasyarakat dengan tipe yang ekstra compact dengan fungsional.
MINIATUR MOBIL RALLY
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya sketsa tidak standar serta ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dengan patron lebih simpel dengan enggak besar.
Sejak saat itu, pembuat mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg ekstra simpel.
MINIATUR MOBIL RALLY
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg bisa mendukung penumpang luput dari cedra parah waktu mendapatkan kecelakaan.
