
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Mobil sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menolong mobilitas manusia saat menjalani kesibukan sehari-hari.
Apalagi sekarang, design & tipe mobil udah amat beragam. Mulai dari family wagon atau kini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Atau mobil bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipake oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tak bakal membahas macam kendaraan yang ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana metode dan perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dapat membawa mereka ke tempat lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci sudah menghasilkan konsep “mobil” pada 1478. Draf ini belom memakaikan mesin beserta masih berwujud sket di atas kertas.
Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diciptakan manusia. Menerapkan mesin uap ini dipegunakan bakal menopang pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia saat berjalan.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Era 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak bernilai dlm historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, selagi sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan bersama lantas byk dipake masyakarat.
Wkt nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak krn dapat menghasilkan mesin yg ekstra efisien dalam pendayagunaan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih teguh diperlukan selaku salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin materi bakar bensin. Memakaikan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dibuat oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.
Tidak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Dekade 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yg memakekan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake dengan benar-benar lebih memudahkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai kian tinggi. Bisa mencapai 15-20 km/jam. Udah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang berkisar 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara lokasi Alabama, Amerika Serikat, membelenggu kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda empat masa itu cukup dua belas km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Design T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche wkt menemukan mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan sudah mulai menjelma area dari kehidupan manusia. Bahkan udah menjelma industri yang terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.
MINIATUR MOBIL SKALA 43

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil hingga ukuran besar. Namun, tampaknya cuma mereka yg bermodal besar saja yg sanggup bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian saat berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi fokus bagi menciptakan kendaraan yang dpt bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg hanya tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan digital yang mereka dapatkan saat itu. Muncul mesin dengan globalisasi injeksi pada Januari 1951.
Mobil kesatu yang memakaikan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini resmi dipasarkan ke massa & mendapat sambutan cukup positif.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan massa saat itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat bersamaan perkembangan nominal kendaraan yang semakin meningkat.
Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas test coba beserta diterapkan bagi mesin bahan bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini bisa dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang masa itu.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Periode 1960
Sejarah kendaraan roda empat memasuki zaman yg lbh maju. Kendaraan Roda Empat udah lama kelamaan memasyarakat dgn skema yang lbh compact bersama fungsional.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai pola nggak standar bersama ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg yakni mobil-mobil pionir dgn sketsa ekstra simpel dan enggak besar.
Sejak saat itu, produsen kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.
MINIATUR MOBIL SKALA 43
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang sanggup menopang penumpang luput dari cedra parah waktu mendapatkan kecelakaan.
