
MINIATUR MOBIL SPORT
Kendaraan Roda Empat udah menjadi lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat membantu mobilitas manusia masa melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, tipe & jenis mobil udah sangat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain sekarang lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bagi mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.
Namun kali ini kita tidak bakal membahas rupa kendaraan roda 4 yg ada saat ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana teknik bersama perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.
MINIATUR MOBIL SPORT
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat konsepsi “mobil” pd 1478. Rancangan ini blm menggunakan mesin dan masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan bagi menopang pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia wkt berjalan.
MINIATUR MOBIL SPORT
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak penting dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan bersama setelah itu banyak dipake masyakarat.
Wkt nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak sebab bisa membuat mesin yang lebih efisien dlm penggunaan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih kukuh diperlukan selaku salah 1 mesin mobil.
MINIATUR MOBIL SPORT
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakaikan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini dirancang oleh mahir mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Tak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah membangun kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
MINIATUR MOBIL SPORT
Era 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk 1/2 lingaran saja. Terlebih ada yang menerapkan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dan benar-benar ekstra memudahkan pergerakan mobil.
MINIATUR MOBIL SPORT
Kendaraan Roda Empat nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai meningkat tinggi. Dapat mencapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri lokasi Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan maksimum kendaraan roda 4 saat itu hanya dua belas km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Desain T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, prosedur pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche masa menemukan mesin ini baru 18 tahun.
MINIATUR MOBIL SPORT
Dekade 1920
Di zaman ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjelma wilayah dari kehidupan manusia. Malahan udah menjadi industri yang terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.
MINIATUR MOBIL SPORT

Kendaraan Roda Empat Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai size kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yang bermodal gede saja yang sanggup bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.
Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik mobil enggak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.
MINIATUR MOBIL SPORT
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi fokus buat menciptakan kendaraan yang mampu bermanfat di medan perang.
MINIATUR MOBIL SPORT
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg hyn tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
MINIATUR MOBIL SPORT
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi sanggup mengembangkan teknologi yang mereka peroleh saat itu. Muncul mesin dengan globalisasi injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan kesatu yg memakekan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini legal dipasarkan ke masyarakat dan mendapat sambutan cukup positif.
MINIATUR MOBIL SPORT
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat seperjalanan pertumbuhan total kendaraan yang makin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas uji coba beserta diterapkan untuk mesin material bakar bensin. Tapi, inspirasi ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang waktu itu.
MINIATUR MOBIL SPORT
Dekade 1960
Sejarah mobil memasuki era yg extra maju. Kendaraan Roda Empat sudah semakin memasyarakat dengan jenis yg ekstra compact serta fungsional.
MINIATUR MOBIL SPORT
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg punya konstruksi nggak regular dan ditahbiskan sbg kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg merupakan mobil-mobil pionir dengan rancang extra simpel dan enggak besar.
Sejak wkt itu, pabrik kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.
MINIATUR MOBIL SPORT
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dpt menyokong penumpang terhindar dari cedra parah masa mengalami kecelakaan.
