MINIATUR MOBIL VW SAFARI

 MINIATUR MOBIL VW SAFARI

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Kendaraan Roda 4 sudah berubah daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil amat membantu mobilitas manusia saat memperbuat aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa dengan jenis kendaraan roda 4 udah sangat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain saat ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Semacam kelas 1.000-1.500 cc bakal mobil-mobil perkotaan. Atau mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak akan membahas rupa kendaraan roda empat yang ada masa ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses beserta perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang sanggup membawa mereka ke wadah lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci udah membuat sketsa “mobil” pada 1478. Tema ini blm menggunakan mesin serta masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakekan mesin uap ini dipegunakan bakal menolong pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dgn kecepatan manusia saat berjalan.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 berubah babak primer dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, pada waktu sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan beserta lantas byk dipegunakan masyakarat.

Waktu pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karena dapat menghasilkan mesin yang lebih efisien dlm pemakaian material bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih teguh dipake bagaikan salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menggunakan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh profesional mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Nggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas kendaraan pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efektif yg sudah dirancang mulai memperoleh evolusi. Wkt nomor satu diperkenalkan, kendaraan masa itu blm memakekan stir bulat serupa yg kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yang menggunakan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan bersama benar-benar lebih memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Kendaraan Roda Empat pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai meningkat tinggi. Mampu sampai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg kira-kira 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan maksimum kendaraan masa itu cuman dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Periode 1920
Di periode ini, mobil udah mulai berubah area dari kehidupan manusia. Malahan udah menjelma industri yang terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI

 MINIATUR MOBIL VW SAFARI

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yang menciptakan mobil dari mulai skala kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal besar saja yg bisa bertahan.

Dari berkisar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.

Pada zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik mobil nggak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pangkal untuk menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di era ini yaitu kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas digunakan buat medan perang yg mempunyai kondisi tanah tak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg hanya tinggi meski butuh menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali sanggup mengembangkan globalisasi yang mereka punyai saat itu. Muncul mesin dgn digital injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 nomor satu yang memakekan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda empat ini formal dipasarkan ke masyarakat beserta mendapat sambutan hanya positif.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan publik saat itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan perkembangan total kendaraan yang makin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas uji coba dengan diterapkan bakal mesin berbahan bakar bensin. Tapi, gagasan ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang wkt itu.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Zaman 1960
Sejarah kendaraan memasuki jaman yang lebih maju. Mobil udah makin lama memasyarakat dgn tipe yang lbh compact & fungsional.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki rupa enggak lazim dengan ditahbiskan sbg mobil rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg ialah mobil-mobil pionir dengan model extra simpel beserta tidak besar.

Sejak masa itu, pabrik mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

MINIATUR MOBIL VW SAFARI
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg dpt membantu penumpang luput dari cidera parah saat mendapatkan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL VW SAFARI

MINIATUR MOBIL VW SAFARI

MINIATUR MOBIL VW SAFARI

LihatTutupKomentar