TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

 TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Kendaraan Roda Empat sudah menjelma daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menyokong mobilitas manusia wkt mengerjakan kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa & jenis mobil sudah sangat beragam. Start dari family wagon dgn kata lain sekarang lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bagi mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk diperlukan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita nggak bakal membahas ragam mobil yang ada waktu ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses dan perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dapat membawa mereka ke ruang lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan ide “mobil” pd 1478. Tema ini blm memakaikan mesin bersama masih berwujud sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Memakaikan mesin uap ini dipegunakan buat menyokong pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dgn kecepatan manusia masa berjalan.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 berubah babak substansial dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, saat sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan dan sesudahnya banyak dipakai masyakarat.

Saat nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karena sanggup membuat mesin yang extra efisien dlm pemanfaatan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih kukuh dipake sbg salah satu mesin mobil.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Memakekan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh profesional mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Enggak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah memperluas kendaraan roda 4 pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil mudah yg udah diproduksi mulai menjumpai evolusi. Saat nomor satu diperkenalkan, kendaraan masa itu blm memakekan stir bulat sebagaimana yg kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yang menerapkan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai dan emang ekstra memudahkan pergerakan mobil.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai kian tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg kira-kira 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan setinggi-tingginya kendaraan wkt itu cuman 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menemukan mesin ini baru 18 tahun.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Periode 1920
Di zaman ini, kendaraan udah mulai menjadi lokasi dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjelma industri yang terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yg terikat mobil.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

 TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan dari mulai size kecil sampai size besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yg bermodal besar saja yang mampu bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya berubah cuman tinggal 44 saja pd 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.

Pada era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan enggak lagi merasa kesepian momen berkendara seorang diri.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi sumber bagi menciptakan kendaraan yang dpt bermanfat di medan perang.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di periode ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas digunakan bakal medan perang yg mempunyai situasi lahan tak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg cukup tinggi meski butuh menjelajahi bagian berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dpt mengembangkan tekno yang mereka peroleh saat itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yang menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda 4 ini legal dipasarkan ke masyarakat & mendapat sambutan cuman positif.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan masyarakat waktu itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat berbarengan perkembangan nominal kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas test coba dan diterapkan bakal mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, ide ini dpt dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang saat itu.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Dekade 1960
Historis mobil memasuki jaman yang extra maju. Mobil udah makin lama memasyarakat dengan tipe yang ekstra compact dengan fungsional.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai reka bentuk enggak regular & ditahbiskan bagaikan mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yang ialah mobil-mobil pionir dengan skema extra simpel beserta enggak besar.

Sejak waktu itu, pembuat mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg mampu menolong penumpang selamat dari luka parah waktu mengalami kecelakaan.

 TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

TOKO MINIATUR MOBIL DI YOGYAKARTA

LihatTutupKomentar