
UKURAN DIECAST MOBIL
Kendaraan udah berubah lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 amat menyokong mobilitas manusia saat memperbuat aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, design bersama tipe mobil sudah amat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain kini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yg ditawarkan pun sudah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bagi mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yang banyak digunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita nggak akan membahas variasi kendaraan yang ada waktu ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana operasi & perkembangan kendaraan dari abad 19 hingga memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
UKURAN DIECAST MOBIL
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke tempat lain dengan lbh muda, Leonardo da Vinci udah membuat rancangan “mobil” pada 1478. Rancangan ini belum menerapkan mesin & masih berupa sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menggunakan mesin uap ini digunakan utk menyokong pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dengan kecepatan manusia wkt berjalan.
UKURAN DIECAST MOBIL
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 berubah babak bernilai dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan bersama setelah itu banyak digunakan masyakarat.
Masa nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karena bisa membuat mesin yang extra efisien dalam pemakaian material bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih tetep dipake sebagai salah 1 mesin mobil.
UKURAN DIECAST MOBIL
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menggunakan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh jago mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.
UKURAN DIECAST MOBIL
Periode 1900
Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yang memakekan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan serta memang ekstra memudahkan pergerakan mobil.
UKURAN DIECAST MOBIL
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai bertambah tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang kurang lebih 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan setinggi-tingginya kendaraan roda empat saat itu cuman dua belas km/jam.
Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Design T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.
Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.
UKURAN DIECAST MOBIL
Zaman 1920
Di dekade ini, mobil sudah mulai berubah lokasi dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjadi industri yang terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yg terkait mobil.
UKURAN DIECAST MOBIL

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai ukuran kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya sekadar mereka yg bermodal besar saja yg dapat bertahan.
Dari kira-kira 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma cuman tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.
Pada era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.
UKURAN DIECAST MOBIL
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok utk menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.
UKURAN DIECAST MOBIL
Jeep militer tahun 1940-an
Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg semata-mata tinggi meski kudu menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
UKURAN DIECAST MOBIL
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi mampu mengembangkan teknologi yg mereka dapatkan waktu itu. Muncul mesin dgn teknologi injeksi pd Januari 1951.
Mobil kesatu yg memakekan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior serta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda empat ini sah dipasarkan ke rakyat bersama mendapat sambutan hanya positif.
UKURAN DIECAST MOBIL
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan masyarakat waktu itu terhadap nominal karbondioksida yg terus meningkat berbarengan perkembangan total kendaraan yang makin meningkat.
Namun, digital karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas uji coba bersama diterapkan bagi mesin material bakar bensin. Tapi, inspirasi ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yg berkembang wkt itu.
UKURAN DIECAST MOBIL
Zaman 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yang ekstra maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dgn konstruksi yang lebih compact dan fungsional.
UKURAN DIECAST MOBIL
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai rupa enggak biasa bersama ditahbiskan sebagai kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg adalah mobil-mobil pionir dengan sketsa ekstra simpel bersama nggak besar.
Sejak waktu itu, produsen kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.
UKURAN DIECAST MOBIL
Periode 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg mampu menopang penumpang terhindar dari cidera parah masa menjumpai kecelakaan.
