DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

 DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yakni inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi mobil listrik sebenarnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik nomor satu yang dikerjakan pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tetapi pada wkt itu mobil listrik ini cukup dilengkapi dengan batere yang tak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang mampu diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan krusial dlm perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yang dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu setelah itu barulah pd 31 hari November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Sebagian 30 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang area kanan dengan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.

Berkat nggak semua penemuan bermanfaat itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjadi daerah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sesungguhnya adalah penemu yg bertugas pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif dan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru secara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.

DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

 DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama mobil tsb memiliki penguasaan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batree yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya independen yakni seberat 750kg.

Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menemukan kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda empat modern saat ini & sekalian mempengaruhi industri mobil pada masa itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan bakar serta anggaran produksi kendaraan roda empat bahan bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan listrik semakin tidak populer.

 DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

DIECAST MOBIL 1 18 Peneleh

LihatTutupKomentar