
MINIATUR MOBIL ETIOS Tana Tidung
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik adalah inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan listrik sebetulnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan listrik kesatu yang dirancang pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan namun pada wkt itu kendaraan roda 4 listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yg enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yg dilengkapi dengan batere yg mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu setelah itu barulah pada 31 hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL ETIOS Tana Tidung
Nggak Semua bln berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan beserta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat tdk semua penemuan primer itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai berubah daerah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan bakal nomor satu kalinya. Ia sebenarnya yaitu penemu yg berprofesi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara legal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memperkenalkan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik tercepat masa itu.
MINIATUR MOBIL ETIOS Tana Tidung

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan mobil tsb memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg berarti ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya independen yaitu seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menemukan kemunduran karna dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL ETIOS Tana Tidung
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada saat itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai materi bakar dengan budget produksi kendaraan roda 4 material bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama tidak populer.
