
DIECAST MOBIL LANCER Ternate
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik sebetulnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yang diproses pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tetapi pd saat itu kendaraan listrik ini sekadar dilengkapi dengan batree yg tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yang bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan utama dlm perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yg dilengkapi dgn batere yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memperkenalkan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pd bulan November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL LANCER Ternate
Beberapa bulanan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan & dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua penemuan berarti itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai berubah lokasi dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan untuk pertama kalinya. Ia sedianya yakni penemu yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan mobil ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan listrik tercepat masa itu.
DIECAST MOBIL LANCER Ternate

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 penerapan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan mobil tsb mempunyai kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yang memperoleh berat setengah dari berat mobilnya sorangan adalah seberat 750kg.
Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menjumpai kemunduran karena dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL LANCER Ternate
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri mobil modern masa ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan dasar bakar & budget produksi mobil berbahan bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik makin lama tak populer.
