MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

 MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

MINIATUR MOBIL BALAP Labuha
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan tekno mobil listrik sebenarnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik pertama yang diurus pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tapi pd saat itu kendaraan roda empat listrik ini semata-mata dilengkapi dengan batere yang enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yg sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu sehabis itu barulah pd bulan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL BALAP Labuha
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Enggak Semua bulan berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dan John Perry mengintroduksi kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat beberapa penemuan bermanfaat itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda empat listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sebetulnya adalah penemu yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dgn cara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan roda 4 ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat wkt itu.

MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

 MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta kendaraan tsb memiliki keahlian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya independen adalah seberat 750kg.

Sehabis menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL BALAP Labuha
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya price berbahan dasar bakar dengan dana produksi kendaraan berbahan dasar bakar sampai 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama enggak populer.

 MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

MINIATUR MOBIL BALAP Labuha

LihatTutupKomentar