
MINIATUR MOBIL NISSAN SERENA Barito Kuala
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik sebetulnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik nomor satu yg diciptakan pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal namun pd waktu itu kendaraan roda 4 listrik ini cuma dilengkapi dengan batree yang nggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg dapat diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dalam perkembangan modern kendaraan listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yg dilengkapi dengan batree yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memublikasikan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu selesai itu barulah pd bulan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL NISSAN SERENA Barito Kuala
Tidak Semua bulanan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang daerah kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.
Berkat sebagian inovasi substansial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sedianya adalah insinyur yg berkarya pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengintroduksi kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL NISSAN SERENA Barito Kuala

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemakaian mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret bersama kendaraan roda 4 tersebut mempunyai kapabilitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yaitu seberat 750kg.
Sesudah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mengalami kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL NISSAN SERENA Barito Kuala
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri mobil modern saat ini & sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya value materi bakar beserta bujet produksi mobil berbahan bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan listrik semakin enggak populer.
