
MOBIL OIL DIECAST Tulang Bawang Tengah
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yakni penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sesungguhnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yang dibuat pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal tapi pada waktu itu kendaraan listrik ini hyn dilengkapi dgn batere yg enggak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan digital kendaraan roda empat listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yg dilengkapi dengan batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu setelah itu barulah pd Tiga Puluh hari November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MOBIL OIL DIECAST Tulang Bawang Tengah
Tdk Semua 31 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry mengiklankan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang area kanan serta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat beberapa penemuan signifikan itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai berubah wilayah dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan untuk nomor satu kalinya. Ia sebenarnya yakni insinyur yg bertugas pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru secara formal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mempromosikan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat saat itu.
MOBIL OIL DIECAST Tulang Bawang Tengah

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 penerapan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret & kendaraan roda 4 tsb mempunyai kapasitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri yakni seberat 750kg.
Setelah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MOBIL OIL DIECAST Tulang Bawang Tengah
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern masa ini dan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya harga berbahan dasar bakar dan anggaran produksi kendaraan berbahan bakar sampai 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik makin lama tak populer.
