
DIECAST MOBIL RAKITAN Manggarai Barat
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik adalah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik sedianya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik nomor satu yg diurus pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tapi pada waktu itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn batree yg tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang sanggup diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dlm perkembangan digital kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dgn baterai yg mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pd bulan November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL RAKITAN Manggarai Barat
Beberapa bulan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry memublikasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan dan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat tidak semua inovasi bermanfaat itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi area dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sebetulnya yakni penemu yang bekerja pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru scr resmi dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat masa itu.
DIECAST MOBIL RAKITAN Manggarai Barat

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan mobil listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama kendaraan tersebut memiliki kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg berarti ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! malahan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama baterai yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya mandiri yaitu seberat 750kg.
Sehabis memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mendapatkan kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL RAKITAN Manggarai Barat
Wkt Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya value bahan bakar serta budget produksi mobil materi bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik semakin nggak populer.
