
MINIATUR MOBIL ETIOS Lamandau
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yakni penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik sesungguhnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik pertama yang dirancang pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau namun pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini hyn dilengkapi dgn baterai yg enggak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yang dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yang mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu selesai itu barulah pd 30 hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL ETIOS Lamandau
Nggak Semua bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry menghadirkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan & dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat tidak semua penemuan esensial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai menjadi wilayah dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan untuk pertama kalinya. Ia sedianya ialah penemu yg bekerja pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menghasilkan lokomotif & bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana sanggup melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan roda empat listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL ETIOS Lamandau

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 penerapan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menggunakan mobil listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & kendaraan roda empat tsb memperoleh keahlian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan adalah seberat 750kg.
Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menerima kemunduran sebab dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL ETIOS Lamandau
Masa Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern masa ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd masa itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai material bakar dan budget produksi kendaraan material bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan nggak populer.
