DIECAST MOBIL KATANA Nduga
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan digital mobil listrik sedianya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan listrik kesatu yg dibuat pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tapi pd saat itu kendaraan roda empat listrik ini sekadar dilengkapi dengan baterai yg tidak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang mampu diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dalam perkembangan digital kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dengan baterai yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengiklankan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu sehabis itu barulah pada Tiga Puluh hari November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL KATANA Nduga
Sejarah Mobil Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tak Semua bulan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry memublikasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang daerah kanan bersama dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat sebagian penemuan bermakna itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan listrik pabrikan bakal pertama kalinya. Ia sebenarnya ialah penemu yg beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat masa itu.
DIECAST MOBIL KATANA Nduga
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret & kendaraan tersebut mendapatkan kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! malahan melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yg mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yaitu seberat 750kg.
Selesai menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran karena dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T pertama kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL KATANA Nduga
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan modern saat ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai materi bakar dan dana produksi mobil berbahan bakar hingga 2 kali lebih ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tak populer.