
MINIATUR MOBIL INDONESIA Maluku Barat Daya
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik merupakan penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yg diproduksi pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal tapi pada saat itu mobil listrik ini hanya dilengkapi dgn baterai yang tak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang bisa diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan penting dlm perkembangan digital kendaraan listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yg dilengkapi dengan batere yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda serta juga perahu selepas itu barulah pada 30 hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL INDONESIA Maluku Barat Daya
Sebagian bln berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan beserta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua inovasi bermanfaat itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah wilayah dari kesibukan ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda empat listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sedianya yaitu insinyur yg beroperasi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai kendaraan roda 4 listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL INDONESIA Maluku Barat Daya

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan roda empat tsb mendapatkan kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya sorangan ialah seberat 750kg.
Selepas lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL INDONESIA Maluku Barat Daya
Saat Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini dengan sekaligus mempengaruhi industri mobil pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya price material bakar serta ongkos produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan tak populer.
