MINIATUR MOBIL INDONESIA Rote Ndao
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik nomor satu yang diproduksi pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tapi pada saat itu mobil listrik ini cukup dilengkapi dengan batree yg tak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berarti dalam perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu selepas itu barulah pada bulanan November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL INDONESIA Rote Ndao
Sejarah Mobil Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry mengiklankan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan dan dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat nggak semua penemuan substansial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai berubah lokasi dari kesibukan ekonomi saat itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sesungguhnya ialah insinyur yg berkarya pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL INDONESIA Rote Ndao
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan tsb memiliki kompetensi jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yg memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan ialah seberat 750kg.
Setelah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL INDONESIA Rote Ndao
Wkt Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, ialah cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini dengan sekaligus mempengaruhi industri mobil pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya harga materi bakar beserta bujet produksi mobil berbahan dasar bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama tak populer.