
MINIATUR MOBIL BAMBU Magelang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yaitu penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan digital mobil listrik sesungguhnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik pertama yang diproduksi pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Hendak tetapi pada saat itu mobil listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yang tak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yg dapat diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan krusial dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu sesudah itu barulah pada bln November 1818 pada perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL BAMBU Magelang
Nggak Semua bln berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan dan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat beberapa penemuan berguna itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah daerah dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sedianya yakni penemu yang berkarya pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru scr resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengintroduksi mobil ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana sanggup melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL BAMBU Magelang

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan roda 4 tersebut memiliki kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg berarti ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batree yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yakni seberat 750kg.
Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mengalami kemunduran krn dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL BAMBU Magelang
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada masa itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan bakar serta ongkos produksi kendaraan berbahan dasar bakar hingga 2 kali lebih ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tak populer.
