
MINIATUR MOBIL PEUGEOT 406 Tamiang Layang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik ialah penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik sesungguhnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik pertama yang dibuat pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tapi pada wkt itu kendaraan listrik ini cukup dilengkapi dgn baterai yg enggak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yang sanggup diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dgn baterai yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu selepas itu barulah pd bulan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL PEUGEOT 406 Tamiang Layang
Beberapa bulan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry memberitahukan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang area kanan & dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat beberapa inovasi utama itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma wilayah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan utk pertama kalinya. Ia sebetulnya ialah penemu yang bekerja pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dgn cara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan mobil ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL PEUGEOT 406 Tamiang Layang

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakekan mobil listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan kendaraan roda empat tersebut mempunyai kompetensi jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yg memperoleh berat setengah dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.
Selepas menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL PEUGEOT 406 Tamiang Layang
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern saat ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai materi bakar bersama dana produksi kendaraan roda 4 berbahan dasar bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan mobil listrik makin lama tak populer.
