DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

 DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yaitu penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik sebetulnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik pertama yg dikerjakan pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak tapi pd waktu itu kendaraan listrik ini cukup dilengkapi dengan batree yang tidak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang sanggup diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dalam perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dgn batere yang mampu menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu sehabis itu barulah pd 30 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Sebagian bulan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton dengan John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.

Berkat tidak semua inovasi penting itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan bagi pertama kalinya. Ia sebetulnya adalah penemu yg bertugas pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif serta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan roda 4 ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat saat itu.

DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

 DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & kendaraan roda 4 tsb memiliki penguasaan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batere yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya independen adalah seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mengalami kemunduran krn dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri mobil modern waktu ini serta sekalian mempengaruhi industri mobil pd waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai berbahan bakar dengan uang produksi kendaraan roda empat materi bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik makin lama tidak populer.

 DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

DIECAST MOBIL DETAIL Jayawijaya

LihatTutupKomentar