DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

 DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik adalah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik sebenarnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yang dikerjakan pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan namun pada masa itu kendaraan listrik ini hanya dilengkapi dengan batere yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang dpt diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan digital kendaraan roda empat listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu sesudah itu barulah pada bln November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Sebagian bln berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dengan John Perry memperkenalkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.

Berkat tidak semua inovasi bernilai itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai berubah area dari kesibukan ekonomi saat itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sesungguhnya yakni penemu yg berprofesi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menciptakan lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru secara resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengintroduksi kendaraan ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat masa itu.

DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

 DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret & mobil tersebut mempunyai keahlian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sendiri merupakan seberat 750kg.

Selesai lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menemukan kemunduran karena dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T pertama kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur
Wkt Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern wkt ini dan sekaligus mempengaruhi industri mobil pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya harga materi bakar beserta biaya produksi kendaraan bahan bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama tidak populer.

 DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

DIECAST MOBIL YARIS Barito Timur

LihatTutupKomentar