
MINIATUR MOBIL NASCAR Jayawijaya
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sebetulnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik kesatu yang diproduksi pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tetapi pada saat itu kendaraan roda empat listrik ini semata-mata dilengkapi dengan batree yg tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yg dapat diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dalam perkembangan modern mobil listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dengan baterai yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu selepas itu barulah pd bln November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL NASCAR Jayawijaya
Sebagian bulanan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan dan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.
Berkat sebagian penemuan berarti itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjadi lokasi dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sedianya adalah insinyur yg beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memberitahukan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL NASCAR Jayawijaya

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan roda empat listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tersebut mendapatkan kemahiran jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan baterai yg mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya independen yaitu seberat 750kg.
Setelah melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menemukan kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL NASCAR Jayawijaya
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern saat ini dengan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya harga bahan bakar serta budget produksi kendaraan roda empat berbahan dasar bakar hingga 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama tak populer.
