
MINIATUR MOBIL PANTHER Tana Toraja
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg dirancang pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tetapi pada wkt itu mobil listrik ini semata-mata dilengkapi dengan batree yg tidak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yang bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dalam perkembangan tekno mobil listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dgn batere yang mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu selepas itu barulah pada Tiga Puluh hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL PANTHER Tana Toraja
Sebagian 31 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton & John Perry menginformasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang area kanan & dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua inovasi esensial itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai berubah daerah dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan bagi kesatu kalinya. Ia sedianya yakni penemu yg berprofesi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat masa itu.
MINIATUR MOBIL PANTHER Tana Toraja

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama mobil tersebut memperoleh kecakapan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang berarti ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL PANTHER Tana Toraja
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern wkt ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada masa itu. Ditambah dgn masih murahnya price materi bakar dan budget produksi kendaraan roda 4 berbahan dasar bakar sampai 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tak populer.
