
MINIATUR MOBIL SKALA 43 Yahukimo
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik nomor satu yg dikerjakan pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau tetapi pada saat itu kendaraan listrik ini hyn dilengkapi dengan batere yang nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg mampu diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dlm perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dgn baterai yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu sehabis itu barulah pd bulanan November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL SKALA 43 Yahukimo
Tak Semua 30 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dengan John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan beserta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat nggak semua penemuan bernilai itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sedianya adalah penemu yg bekerja pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dengan cara resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengintroduksi kendaraan roda 4 ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat masa itu.
MINIATUR MOBIL SKALA 43 Yahukimo

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda empat tersebut memiliki penguasaan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya seorang diri yakni seberat 750kg.
Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL SKALA 43 Yahukimo
Masa Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini serta sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya price bahan bakar bersama budget produksi mobil material bakar hingga 2 kali extra murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.
