DIECAST MOBIL BRIO Tanah Merah
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yakni penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik nomor satu yang diurus pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak tetapi pd masa itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dgn batree yg tak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan globalisasi kendaraan listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu setelah itu barulah pd Tiga Puluh hari November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL BRIO Tanah Merah
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry mengiklankan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang bagian kanan beserta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat beberapa penemuan bermakna itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma lokasi dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan bakal pertama kalinya. Ia sebenarnya adalah penemu yg berkarya pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dgn cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.
DIECAST MOBIL BRIO Tanah Merah
Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan mobil listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tsb mendapatkan kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg bermakna ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya sendiri yakni seberat 750kg.
Selepas melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL BRIO Tanah Merah
Masa Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini dengan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya harga berbahan bakar & dana produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar sampai 2 kali lebih ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama enggak populer.