DIECAST MOBIL HONDA CIVIC Lombok Utara
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi mobil listrik sebenarnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik pertama yang dibuat pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tetapi pada saat itu kendaraan roda 4 listrik ini cukup dilengkapi dengan batere yg tak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan utama dalam perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yang mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menginformasikan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu selesai itu barulah pd 30 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL HONDA CIVIC Lombok Utara
Sejarah Kendaraan Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 30 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan beserta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat sebagian penemuan esensial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sedianya yaitu penemu yang beroperasi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengiklankan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat wkt itu.
DIECAST MOBIL HONDA CIVIC Lombok Utara
Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tsb mempunyai penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang berarti ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya seorang diri merupakan seberat 750kg.
Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran krn dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T pertama kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL HONDA CIVIC Lombok Utara
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar nomor satu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda empat modern saat ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai berbahan bakar bersama dana produksi kendaraan materi bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik semakin enggak populer.