DIECAST MOBIL ONLINE Supiori
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sebetulnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik nomor satu yang dirancang pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tetapi pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini cukup dilengkapi dengan batere yg tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yg dapat diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dalam perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yg dilengkapi dengan batree yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengiklankan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu sesudah itu barulah pd bulanan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL ONLINE Supiori
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan dengan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat tdk semua penemuan berguna itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma daerah dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan untuk nomor satu kalinya. Ia sebetulnya yaitu penemu yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memublikasikan kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat masa itu.
DIECAST MOBIL ONLINE Supiori
Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret serta mobil tsb mempunyai kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! bahkan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya seorang diri yaitu seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mengalami kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL ONLINE Supiori
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri mobil modern waktu ini & sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada saat itu. Ditambah dengan masih murahnya price material bakar dan dana produksi kendaraan bahan bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik makin lama nggak populer.